Jenis Jenis Lampu yang berada disekitar kita

lampu2

Nanja Korya, なんじゃこりゃ?!

Semenjak diciptakannya lampu ratusan tahun silam tentu sudahsemakin beragam jenis dan teknologi perlampuan didunia, dari sekian banyak ragam lampu berikut beberapa jenis lampu yang sudah jamak digunakan oleh masyarakat umum.


Lampu Pijar (bohlam)

lampupijar

Salah satu jenis lampu yang ditakdirkan ditemukan oleh Thomas Alfa Edison pada tahun 1879, lampu ini memakai filamen tungsten yakni semacam kawat pijar dialam bola kaca yang diisi gas nitrogen, argon, kripton, hidrogen dan lainnya. Sangat boros energi dibanding lampu TL yang lebih hemat meski dengan tingkat terang yang sama. Kekuatan Bohlam atau lampu pijar biasanya hanya bertahan 1000 jam atau untuk pemakaian 10 jam sehari semalam, hanya bertahan sekitar 3 – 4 bulan saja, setelah itu silahkan kunjungi toko lampu terdekat.
Lampu pijar disukai karena warna yang dihasilkannya, yakni warna kuning terasa hangat. Sewaktu tugas pelajaran IPA dulu tentang inkubasi buatan buat telur ayam, rata2 memakai lampu pijar karena mampu menghasilkan kehangatan yang cukup untuk menetas kan telur. Namun yang membeli lampu pijar dengan alasan harga yang relatif murah juga banyak. Keunggulan lampu ini harganya murah, namun hanya bertahan 3-4 bulanan.

Warna cahaya lampu pijar adalah kuning
derajat suhu warna 2’500 – 2’700 K (Kelvin)

Lampu TL (Fluorescent)

lampu2hemat

Dikenal diplanet bumi dengan nama lampu neon, saat ini bentuk lampu neon memiliki jenis yang beraneka rama, ada yang bentuknya memanjang biasa, bentuk segitiga, bulat, spiral atau tornado, dan ada yang berbentuk Konvensional memanjang vertikal dengan fitting (dudukan lampu) yang mirip seperti lampu pijar biasa.

Lampu TL lebih hemat energi dibandingkan lampu pijar, dan juga lebih terang. Untuk lampu TL yang baik (branded), bisa bertahan 15.000 jam atau setara dengan 10 tahun pemakaian, harganya juga sekitar 10x lampu pijar biasa. Sedangkan lampu TL yang berkualitas buruk mungkin bisa bertahan 4-6 bulan .Bila punya rejeki, lebih baik membeli lampu TL yang berkualitas tinggi (biasanya bermerk terkenal) agar kualitas terjamin dan daya tahannya lebih lama dibanding lampu TL merk abal-abal kw20. Lampu TL kw20 ini terkadan kalau sedang sial bisa melakukan Self Destruction sendiri, bahaya !.

Lampu TL Flourecent

Selain itu, Lampu TL memilik varian dan bentuk dengan fitting (dudukan) yang biasa dipakai untuk lampu Pijar/Bohlam biasa.

Dengan jumlah watt (energi listrik) yang lebih kecil, lampu TL atau neon lebih murah digunakan daripada membeli lampu pijar biasa, dan saat ini jenis lampu TL juga bervariasi baik bentuk, fitting pemasangan, serta warna cahayanya ada yang putih, kuning, dan warna lainnya. Dengan harganya yang seimbang dengan daya tahan pemakaian lampu TL banyak digunakan untuk penerangan rumah, toko, mall, serta tempat-tempat lain yang membutuhkan cahaya terang dan lebih hemat energi.

Warna cahaya lampu pijar :

kuning (2’700 K – 3’000 K)
netral (3’500 K – 4’500 K)
putih (5’500 K – 6’500 K)
 

Lampu LED

led 
Lampu ini merupakan sirkuit semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Sifatnya berbeda dengan filamen yang harus dipijarkan (dibakar) atau lampu TL yang merupakan pijaran partikel. Lampu LED memancarkan cahaya lewat aliran listrik yang relatif tidak menghasilkan banyak panas. Karena itu lampu LED terasa dingin dipakai karena tidak menambah panas ruangan seperti lampu pijar. Lampu LED juga memiliki warna sinar yang beragam, yaitu putih, kuning, dan warna-warna lainnya.

 
Satu varian bentuk lampu LED, dimana bentuk lampu LED yang menggantikan bohlam bisa bermacam-macam. Yang pasti adalah lampu LED merupakan lampu berisi kumpulan LED kecil dengan warna putih atau kuning.

Lampu LED merupakan lampu paling hemat energi diantara jenis lampu lainnya, meskipun harganya relatif mahal. Saat artikel ini dibuat, lampu LED 4 watt kualitas bagus yang setara dengan lampu pijar 25 watt, harganya masih sekitar Rp140an ribu. Meskipun demikian, lampu LED disarankan bagi Anda yang memperhatikan bahwa energi (watt) yang dipakai sangat kecil sehingga menggunakan lampu LED sama dengan menghemat listrik hingga 1/5 dari biasanya. Lampu LED juga bisa bertahan sangat lama hingga 20an tahun. Bila dibandingkan dengan menggunakan lampu pijar, maka dalam 20 tahun harus membeli  atau mengganti sekitar 60an lampu pijar. Dengan asumsi harga lampu pijar biasa adalah Rp6.000,-, maka biaya yang harus dikeluarkan dengan menggunakan lampu pijar biasa adalah Rp360.000,- tentunya lebih menarik untuk menggunakan lampu LED. Adapun saat ini, terdapat juga lampu LED sekitar 3 watt setara bohlam 20an watt ‘made in China’ yang murah meriah seharga sekitar Rp 30an ribu, namun jangka keawetannya belum dijamin dengan baik.

Warna cahaya lampu LED banyak meliputi semua warna, bisa merah, putih, hijau, biru, kuning, dan sebagainya.

Lampu Halogen

 philips-masterline-es-halogen-lv-400

lampu halogen umumnya memiliki reflektor (cermin dibelakangnya) untuk memperkuat cahaya yang keluar. Fittingnya biasanya khusus, namun saat ini ada pula yang dengan jenis fitting biasa.

Lampu jenis ini merupakan lampu spot yang baik. Lampu spot adalah lampu yang cahayanya mengarah ke satu area saja, misalnya lampu untuk menerangi benda seni secara terfokus. Lampu ini baik untuk digunakan sebagai penerangan taman untuk membuat kesan dramatis dari pencahayaan terpusat seperti menerangi patung, tanaman, kolam atau area lainnya. Jenis lampu ini sebenarnya merupakan lampu filamen yang sudah berhasil dikembangkan menjadi lebih terang, namun juga kebutuhan energi (watt) yang relatif sama.

Warna cahaya lampu halogen:
halogen biasa: kuning 3’000 K
halogen high pressure: putih 6’000 K

 

Ref. probohindarto.wordpress.com

All Image credit to the original Owner/Uploader

 

About these ads

6 pemikiran pada “Jenis Jenis Lampu yang berada disekitar kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s