Kostrad TNI AD, Pasukan Infanteri paling Unik di Dunia

kostrad_skul

All Hands,

Semenjak Berdirinya dalam lingkungan Angkatan Darat Tentara Nasional Indonesia, Kostrad telah menorehkan banyak catatan gemilang yang sangat berjasa bagi Ibu Pertiwi. Di bentuk pada tahun 1961 semasa kampanye Trikora dalam rangka pembebasan Irian Barat dari Belanda, Kostrad : Komando Strategis Angkatan Darat (Army Strategic Reserve Command) merupakan bagian dari komandO tempur utama milik TNI AD yang memiliki kekuatan personil antara 25.000 sampai 40.000 (tak ad jumlah pasti). Pada waktu kampanye Trikora, Kostrad merupakan salah satu kekuatan Inti Komando Mandala Irian, kemudian berganti nama menjadi Kostrad pada 1963.

Setelah selesai mengikuti misi pembebasan Irian barat, sepak terjang Kostrad makin gemilang di akhir Orde Lama dan di masa Orde Baru. Pasukan dengan baret berwarna hijau berwarna hijau dan memiki lambang senjata sakti Cakra Sapta Agni telah banyak memakan asam garam medan pertempuran, dari Operasi Trikora, penumpasan G30S, Operasi Trisula, PGRS di Serawak, PARAKU dikalimantan Utara, Operasi Seroja di Tim Tim serta menjadi tim pasukan penjaga perdamaian PBB. Nah, Uniknya Kostrad merupakan pasukan Infanteri yang paling sulit dicari tandingannya dari Korps negara lain, keunikan Kostrad karena kemampuan yang dimiliki setiap anggota Kostrad sangat berbeda dari Infanteri kebanyakan. Bahkan bentuk pelatihannya pun beraneka ragam, tak hanya pelatihan standar infantery namun ditambah pelatihan para komando dan spesialisasi lain khas pasukan khusus

Kostradtrooper

Pasukan Kostrad juga memiliki kemampuan terjun payung alias Pasukan Lintas Udara (3rd Airborne Infantry Brigade) menjadikan Kostrad bukanlah pasukan darat biasa, inilah salah satu keunikan Kostrad. Selain itu, didalam kostrad juga memiliki unit-unit lain dengan spesialisasi khusus. Kostrad bahkan memiliki satuan Kavaleri (lapis baja), Batalion Zeni, Artileri Medan, unit pasukan anti teror dan peperangan dalam kota, Raider atao banteng Raider. Sebagai pasukan besar yang siap menjalankan perintah Panglima TNI, Kostrad saat ini memiliki 2 Divisi, yakni 1st Division bertempat di Cilodong Jawa Barat dan 2nd Division di Singasari Malang. Pada taun 2009, 3rd Divison Kostrad di Gorontalo dan Makasar secara bertahap mulai dibangun sampai dengan tahun 2014.

Sumbangsih lain Kostrad bagi Ibu pertiwi antara lain secara berkala mengirimkan pasukan menjaga Perbatasan Republik Indonesia dengan negara tetangga yang diserahkan pada Batalyon Infanteri/Yonif dibawah Kostrad. Dari sekian banyak batalion Infantri Angkatan darat khususnya miliki kostrad, ada salah satu batalyon Infantri yang cukup “ditakuti” yakni, Batalyon Infanteri Lintas Udara 305, Brigif Linus 17/Kujang 1 Kostrad yang bermarkas di Karawang Jawa Barat. Kabarnya Pasukan ini selalu menuntaskan semua misi yang diembannya, memiliki nama lain Yonif 305 Tengkorak karena kesatuan ini memiliki simbol tengkorak mematikan. Seperti Batalyon Raider Kostrad, Yonif Tengkorak juga dirancang sebagai pasukan yang siap diterjunkan dalam perang2 berkelanjutan, semakin panjang pertempuran, semakin ganas dalam mengalahkan lawan.

bukukostrad
cover buku (jihad-defence-indonesia.blogspot.com)

Moto yang dipunyai Kostrad adalah Dharma Putra, merupakan nama dari 7 Prajurit Elite penjaga Raja-Raja Majapahit, bisa  di ibaratkan Kostrad merupakan salah satu pilar utama dalam melindungi keutungan Negara kesatuan Republik Indonesia, Sayang karena termasuk kekuatan negara yang dirahasiakan tak banyak lagi sepak terjang dan detail kekuatan yang bisa ane tuliskan (kayaknya butuh bocoran orang dalam neh :-D), serta persenjataan tempur yang dimilki Kostrad berserta unit-unit didalamnya. Bagi yang ingin tahu lebih detail dan jelas perihal sepak terjang pasukan Kostrad terutama yang ditugaskan sebagai penjaga perbatasan di Kalimantan, bisa membaca buku yang berjudul “Ancaman di Batas Negeri, Kostrad di Perbatasan Entikong ” karya Maria Dominique. Buku ini cocok jadi bahan bacaan anak2 muda Indonesia, agar semakin cinta tanah air.

Salam Komando !

About these ads

60 thoughts on “Kostrad TNI AD, Pasukan Infanteri paling Unik di Dunia

  1. Iwan Yuliyanto 5 Maret 2013 / 11:24 am

    Jelas, mas, detail kekuatan Kostrad ini jelas tidak bisa dipublikasikan. Itu sudah menjadi hal yang sangat rahasia. Hanya hal-hal yang umum saja yang disampaikan misalnya tentang pencapaian. Namun bagaimana cara mencapainya, itu sifatnya rahasia negara :)

  2. An_Syahri 5 Maret 2013 / 12:29 pm

    Bedanya Kostrad ama Kopassus apa mas…?

    • kasamago 6 Maret 2013 / 7:43 am

      Kopasus lbh spesialis lg mz bro..

  3. gasspoll83 6 Maret 2013 / 2:13 am

    wah teruskan artikel militernya keren banget

    • kasamago 6 Maret 2013 / 4:29 am

      siip bro..
      mana neh ulasan boil nya..

      • gasspoll83 6 Maret 2013 / 4:56 am

        hihi ga ada yang istimewa dari si timor selain suara gemuruh dari ban belakang kalo di jalan beton wkwkwk dan dashboard yang berisik

      • kasamago 6 Maret 2013 / 7:45 am

        weleh2.. plng nyaman emng yg baru yah.

      • gasspoll83 6 Maret 2013 / 7:52 am

        ia bro mungkin karena saya ngebandinginnya dengan terios punya ortu jadi jomplang banget tapi wajar juga sih mobilnya emang udah berumur 15 tahun

  4. syhrain 6 Maret 2013 / 11:57 am

    di deket PIM ada loh komplek costrad..emang sih isinya anggota militer gitu hehe

  5. mardom 6 Maret 2013 / 3:27 pm

    Terima kasih atas ulasannya,mas. Mau bertukar cerita dgnku?

  6. mardom 6 Maret 2013 / 11:16 pm

    Just info, prajurit Kostrad itu layak dijuluki “humaliter” alias mliter yg humanis. Beneran! Soalnya sy udah liat ndiiri! Sbg pasukan tempur, bukan berarti bawaannya “setel kenceng’. Mrk sadar bhw perang modern bukan sekedar perang pake alutsista. Melainkan lewat informasi, psywar, penyakit, kemiskinan, dan pendidikan.

    • kasamago 7 Maret 2013 / 8:19 am

      yup, thx tambahnnya bro.. so, santai tp berhasil y bro

  7. mardom 6 Maret 2013 / 11:29 pm

    Dan, Kostrad memiliki spesifkasii pasukan tempur Lintas Udara (Linud), Kavaleri (yg pake tank, panser), Rader, Artileri Pertahanan Udara alias Arhanud (yg menghantam pesawat musuh),dan Artileri Medan alas Armed (yg ngancurin tank lawan). Pokoknya, siap abis2an utk mempertahankan kedaulatan NKRI.

    • kasamago 7 Maret 2013 / 8:20 am

      yups.. sulit nyari bentuk pasukan kek Kostrad. TNI emng kreatif.

      • mardom 8 Maret 2013 / 12:22 pm

        Makasiih atas “colekan” ttg buku “Ancaman di Batas Negeri” ya. Salam. @mardomdominiique

      • kasamago 11 Maret 2013 / 9:44 am

        Wah makash bgt dah mampir, akhirnya dpt knjungan authornya. Sama2, awalny bkin postingan in jg krn bca buku nya d gramed :)

  8. mardom 14 Maret 2013 / 8:56 am

    aku yang makasih, mas. Mohon dimaklumi bila masih banyak kekurangan. Jangan bosan memberikan saran, utk kebaikan bersama ya… Mohon sabar menunggu seri selanjutnya dr Tentara di Perbatasan.

    • kasamago 14 Maret 2013 / 9:59 am

      siap mbak, sama2. bukunya keren kok, kupasanny lbh dalam.
      tuk seri selanjutnya selain personil, mngkin bs di ulas jg ttg Alutsista Tentara di perbatasan :-D.

  9. nugroho 3 April 2013 / 6:07 pm

    saya kok rada bingung dengan kata “cadangan strategis ” dari abreviasi KOSTRAD, jika dilihat dari keunikan kekuatan dan kemampuan kostrad yang lebih dari sekedar infantri biasa apa sebenarnya makna ‘cadangan strategis’ itu, dan mengapa demikian ?, nyuwun tulung penjelasannya…matur sembah nuwun. ( nugroho2004@yahoo.com)

    • kasamago 4 April 2013 / 4:40 am

      pandangan pribadi sih, makna cadangan strategis bertujuan buat kamuflase ,dummy ato selubung guna menutupi kekuatan yg sesungguhnya.

      di liht dr bahasanya :

      cadangan : Persediaan

      strategis : hal2 yg berhubungan ,bertalian ato berdasarkan strategi.

    • kasamago 4 April 2013 / 5:44 am

      RI baru wacana mo beli S300, para tetangga udah panik dluan..

      • kalo punya mantep banget tuh… S300…
        3 skuadron sukhoi
        50 skuadron angkut personel
        300 frigate n korvete
        10 Lontong
        3 batt MBT
        500 light tank

        fyuh….

      • kasamago 5 April 2013 / 8:30 am

        setroong..

  10. icha 7 Mei 2013 / 1:19 pm

    Mas..tau berita terbaru dr kostrad 330 cicalengka jawa barat gaa??
    Apa smua lgi pda ikut latgab TNI 2013 ϑȋ̝̊̅̄˚ JaTim,Kalimantan,NTT??

    • kasamago 8 Mei 2013 / 12:20 pm

      Sbgai slh satu batalion linud, 330 sdah pasti mengirimkan wakilny bwt latgab.. ad ap gerangan sis?

  11. Battousai X 16 Mei 2013 / 2:38 am

    Long Life For Kostrad…

  12. icha 18 Mei 2013 / 4:25 pm

    Ngga apa2…hanya äϑä tmn Ÿ̲̣̣ªN̶̲̥̅̊Ǧ̩̥ ϑȋ̝̊̅̄˚ kostrad 330 linud ..dah lama gak äϑä kabr berita’nya,,pz kmrn baca brita..äϑä latgab TNI 2013..

    Makasih ϔǻⓐ mas..bwt info’nya..

    • kasamago 20 Mei 2013 / 3:38 am

      oh.. pacarnya sis anggota 330 yah..

      titip salam yah.

    • kasamago 16 Juli 2013 / 9:10 am

      divisi 3 smntara msh progres pembntukan sis, lokasi pnempatan di Papua

    • Ady 27 Juni 2014 / 3:13 am

      Untuk Yon Kostrad di Sulawesi Selatan sebenarnya bukan di makassar tapi di Kab. Maros, kira – kira 60 Km dari Makassar, tepatnya di Kariango, terpencil dari keramaian tapi sangat tenang dan senyap…..

  13. khiezawaldy 22 Juli 2013 / 6:35 am

    Bagus tnggal pngembangan prajurit n peningkatan per senjataan  lbih modern untuk mnjaga kedamain n keamanan ðî negara kita,soalx d jaman skrang ni bnyak skali negara tetangga  mulai mengganggu keutuhan NKRIkta tecinta,,,Bravo TNI

  14. ANDI .K 13 Agustus 2013 / 8:33 am

    Dulu habis lulus sma 1985, gue niat masuk Akmil, apadaya fisik kalah ma yang lebih baik, jadi skr gue jadi pengagum dan pemerhati TNI aja. kali aja anak2 gue ada yang jadi bagian dari TNI AD.

    • kasamago 14 Agustus 2013 / 1:00 am

      sm mz, dr kcil ane udah cinta ama dunia militer, namun hobi utama mengalahkan minat utk masuk Akmil..

  15. awan 19 Oktober 2013 / 2:55 am

    Selain jago perang…..saya menyaksikan sendiri bagaimana sepak terjang yonif tengkorak di perbatasan malaysia (kec sekayam kab. Sanggau). Anggota yonif tengkorak memberikan pelayanan kesehatan, pembinaan mental ideologi bagi masyarakat perbatasan…..dan bagian yg paling menarik adalah…banyak org tua yg setiap sore mengantar anak2nya ke pos jaga krna bangga anak2nya dilatih ilmu beladiri dasar oleh pasukan elite….. hidup kostrad….

    • kasamago 19 Oktober 2013 / 5:35 am

      wah, nice story. mantab. thx for sharing

      salam komando !

  16. kakbayu 27 November 2013 / 2:18 pm

    Kostrad memang pasukan paling besar, bahkan hanya kostrad yang komandan korps/panglima nya pangkatnya Letnan Jenderal

    • jefri 24 November 2014 / 1:58 pm

      yah, tp makin byk anggaran negara yg dihamburkan buat bayar gaji buta.lebih baik beli pesawat tempur daripada bentuk divisi 3 atau batalyon kostrad yg ada di jabar jateng dipindah ke papua+NTT,Kalut dibuat jd div 3

  17. amaama amama 11 Desember 2013 / 3:28 pm

    Semua yonif berkualifikasi raider itu bagian dari kostrad ya? Soalnya setahu saya di Bali ada yonif 900 raider. Apakah itu bagian dari kodam udayana atau kostrad?

    Jika ada agan2 yang tau, mungkin mimin, tolong pencerahannya.. :)

    • kasamago 12 Desember 2013 / 2:11 am

      ad yg dari kodam n Kostrad gan. Klo Yonif tempur organik dibawah Kostrad, Yonif tempur Teritorial jls dibawah kodam sesuai tugas utama sbg komando teritorial.

  18. indrihapsariw.com 10 Februari 2014 / 10:47 pm

    Wah, menarik ulasannya. Kemarin sempat cari2 keterangan ini pas lg bikin fiksi militer :) Salam.

    • kasamago 11 Februari 2014 / 3:38 am

      trimksih udh berkenan berkunjung balik bu..

      ditungg ulasan2 ttg fiksi militernya :-D

  19. adhli kostrad familly 18 September 2014 / 2:23 am

    jaya selalu TNI-Kostrad, YONZIPUR 9

    NKRI harga mati

  20. andrewiwanto 6 Oktober 2014 / 4:05 pm

    Tapi kalo head to head pasukan ya, malaysia abis sama kita, pernah di laman negara malaysia itu bahas, yg tentara sulu dilibas sama pdrm it, mengalahkan aja pake berapa bataliyon ya, medanny mudah, daerah kebon sawit..heee..coba kena pasukan kostrad dan marinis ke sana abis pasti…itu secara kekautan infranteri aj lo..hrus ny TNI bisa lebih lagi dengan MEF II nantinya

    http://www.indoniaga.co.id

  21. Sawarika 23 Oktober 2014 / 8:46 am

    Sebenarnya tingkat kemampuan prajurit , satuan apapun tdk bs di jd tolak ukur..mungkin untk gengsi ato perlengkapan tempur satuan seperti kopassus dan kostrad lebìh lengkap krn mendapat sokongan penuh dari mabesad saat penugasan. Pengalaman gw waktu operasi seroja di timTim pasukan yp berhasil saat itu (thn 1997) adalah pasukan pemukul kodam bukan kostrad ato kopassus..saat operasi OCM Aceh, Darurat militer I/II pasukan siliwangi justru lebih di terima oleh masy aceh yg menolak kehadiran kopassus dan brimob di tanah rencong..

    • kasamago 26 Oktober 2014 / 5:23 am

      Yup, terima kasih gan atas info nya. :-)

  22. ione 6 November 2014 / 10:47 am

    40.000,udah setingkat korps,bukan divisi lagi

  23. jefri 24 November 2014 / 1:52 pm

    semakin banyak aja negara mengeluarkan anggaran dan bayar orang makan gaji buta, sementara perang dijaman skr bukan byk2 an pasukan tp pesawat pembom dan nuklir.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s