Ngupas Buku Raditya Dika; Manusia Setengah Salmon

manusia-setengah-salmon_cover

Minna..

Kayaknya dah telat banget ane mbahas buku satu ini, seperti yang dikatakan Presiden Russia Vladimir Putin. Yah, walau begitu ane baru saja membaca buku komedi populer karangan seorang manusia bernama Raditya Dika, si penulis yang kondang banget lewat buku blog nya “Kambing Jantan”. Walau beliau ini penulis yang udah terkenal banget di seluruh penjuru negeri, tapi entah kenapa ane gak begitu tertarik buat baca buku2nya, belum ada alasan buat ane untuk ngefans ama si penulis.

Sekitar seminggu yang lalu,  tiba2 karena rasa penasaran someone terhadap buku ini ane mulai browsing segala hal tentang buku ini, banyak para blogger yang menilai positif keberasaan buku ini didunia, “wah keren neh” batin ane. Kemudian ane nyelidiki kapan buku Manusia Setengah Salmon ini lahir, ternyata (klo ga salah) tgl 24 Desember 2011 yang lampau, weleh lama juga. Takut kehabisan ane browsing di Gramedia Online.. dan stok masih available, ni buku masuk Box Office nya gramedia sampe saat ini alias masih jadi Best Seller nya gramedia.

Akhirnya, karena udah penasaran banget pengin baca ni buku, Istirahat kerja ane kabur ke Gramedia, setelah memarkirkan autovajin, dengan perut yang masih belum terisi, ane langsung mempercepat langkah biar segera masuk gramed. Ngubek2 bagian Buku-buku Remaja dan Novel cuma nemu buku lawasnya, Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, dari pada kelamaan langsung tanya bagian CS, eh malah nemu ni buku nangkring di etalase “best seller” depan kasir, bareng ama buku top lainnya, The Hunger Games.

Jeroannya

Buku ini terdiri dari 18 Bab yang diselingi dengan informasi yang bikin ngakak, plus beberapa illustrasi komik pendek yang bikin ngakak pula. Namun ada beberapa Bab yang dengan sukses “cuma” membuat ane tersenyum ala kadarnya, gak semua isinya bikin ane ngakak. Hanya dua bab yang bisa buat ane ketawa puas cekikikan sendiri, (untungnya ane bacanya ditempat sepi coba dipasar ,bisa disangka kesambet kayak patrick abis lagi diklitikin) yakni Bab “Bakar Saja Keteknya” dan “Kasih Ibu Sepanjang Belanda”. Ane gak mau bikin spoilernya ntar malah gak seru. Selain isinya acara komedi, juga ada banyak pesan moral yang terkandung di buku ini, baik pesan bijak maupun koplak. Ane salut banget ama kemampuan Raditya Dika dalam meng Improvisasi Kehidupannya menjadi sebuah tulisan yang menghibur. u have  great talent !

DI akhir cerita, kita akan diajak berhenti ngakak sebentar , pembaca diajak merenung, merenung mengikuti apa yang penulis lakukan, tentang kehidupan yang sudah ,sedang dan akan kita jalani.

Conclusion

Pokoknya bagi yang lagi gak ada kerjaan, galau, sedih, kecewa, putus asa, dll. Silahkan baca buku ini, kalau mbacanya bener, kemungkinan besar kita akan sangat merasa terhibur sekali, oh ya.. jangan lupa untuk mengatasi agar kita gak disangka gila karena ngakak sendiri, diwajibkan untuk membaca buku ini sendiri ditempat yang sepi !!, dikamar, toilet, bagasi mobil, kuburan atau dilapangan, pokoknya sepi.

Status keberadaan buku ini masih aman, so bagi yang belum baca nggak usah khawatir kehabisan, sewaktu ane beli, ini buku masih numpuk setinggi 1 meter twin tower.

 

Nilai : 4.5/5

40 comments

  1. Raditya dika memang blogger yang ajib, kayaknya dia emang bakat nulis. Buku Kambing Jantan aja masih laris manis kayak kacang goreng. Btw mungkin gara2 bang Radit banyak blogger yang nulis buku :mrgreen:

  2. kalo buku2′a raditya dika belum satu pun yg ane baca. tapi kalo nonton stand up comedy’a ane sering.
    kalo ngomentarin tntng stand up comedy’a sih lucu ketika prtama liat. tapi liat tampilan2 brikut’a jd garing karena lawakan’a gtu2 aja. mungkin emang mlawak itu tidak smudah yg kita pikirkn kali y.

    lohhh, ane ko mlah bahas stand up comedy. sorry gan kalo komentar’a ngawur. :mrgreen:

  3. selalu teringat bab Interview with the hantu, konyol banget genduruwo jadi bencis dan namanya jadi uwo….

Tinggalkan Balasan

