Untuk Jangka Panjang, Standart Paling Direkomendasikan

Tim_Motorcycle_Pinup_by_mangacat

All Hands,

Sudah jadi rahasia umum, banyak pemilik motor yang memodifikasi tunggangannya, tentunya dengan berbagai alasan, sebagai pemuas/espresi diri, sarana hobi, atau hanya sebagai pembeda biar tidak sama dengan motor lainnya. Nah, sering ane temukan suatu kisah, baik di dunia nyata atau maya yang banyak mengembalikan kondisi motornya ke standart lagi setelah mengarungi berbagai jenis Modifikasi, baik besar atau kecil.

Pabrikan motor  sudah merancang motor produksinya sedemikan macam sehingga memang sudah melalui berbagai macam test yang cocok, aman dan nyaman untuk konsumennya, sehingga tentunya sudah teruji performa, kualitas, durabilitas,reliabilitas dan sebagainya. Oleh pabrikan pun sudah dirancang sesuai dengan peruntukannya, semisal motor untung jarak jauh, komuter atau untuk sports.

Ditilik dari Penggunaannya, Menurut ane modifikasi Motor ada dua Tipe ,yakni :

Modifikasi STANDART

vixion Vixion – jopir.wordpress.com

Modifikasi jenis ini adalah, modifikasi yang masih  mempertahakan ke standart an motornya, modifikasinya masih menjaga komponen2 utama motor dan tampang motor tidak banyak berubah. Contohnya :

  • Mengganti ban standart dengan ban yang lebih keren/aman.
  • Mengganti spion standart dengan spion yang lebih sporty/classic.
  • Mengganti Stang standart dengan stang yang lebih nyaman/cocok.
  • Mengganti model piringan Cakram dengan yang lebih keren.
  • Mengganti Spatbor standart dengan yang lebih sporty.
  • Mengubah Striping standart.
  • Menambah kan Aksesoris penunjang penampilan.
  • dll

Modifikasi NON STANDART

kristiono-ayu-oto-beauty-2 WJS – wjsblog.wordpress.com

Modifikasi ini sudah lumayan mengubah tampang motor dari standartnya, artinya mengalami modifikasi besar-besaran. Banyak bagian2 standart motor yang dilengserkan, walhasil bentuk motornya sudah tidak seperti tampang standarnya, benar-benar berubah. Semisal mengubah motor Bebek menjadi model Ayam Jago, Mengubah motor Naked menjadi Motor Full Fairing, Metik ditrondoli menjadi metik khusus drag race, dsb. Sehingga bila parts2 modifikasinya bukan OEM atau yang benar2 berkualitas, potensi motor menjadi tidak awet semakin besar.CMIIW IMHO

RTEmagicC_Vixion-ARM.jpg

So, Sebaiknya untuk kendaraan Operasional (Harian) tetap standart  atau hanya modifkasi standart agar tingkat keawetan motor tetap terjaga sehingga memiliki usia pakai yang relatif panjang. Sedangkan untuk Mofifikasi Non Standart, sebaiknya memang lebih cocok untuk kendaraan Hobi, Weekend, atau sebatas untuk Kontes saja.

At least, jangan lupa untuk membaca habis buku manual ketika membeli kendaraan baru.

About these ads

10 thoughts on “Untuk Jangka Panjang, Standart Paling Direkomendasikan

  1. sinbe 5 April 2012 / 9:02 pm

    Motorku snalpot sutandarnya jelek bgd, gampang peot. Skrg ane ganti yg merk nob1 suara jd ngebas n gak gampang peot tu snalpot.
    Be Te We itu mbaknya ga nguatin….! :mrgreen:

    • kasamago 7 April 2012 / 4:22 am

      pelepas dahaga… :-D

    • kasamago 7 April 2012 / 4:22 am

      sip..

  2. enth 7 April 2012 / 1:37 am

    Lha standarku gak tak modif blas, baik standar samping maupun standar ganda :mrgreen:

    • kasamago 7 April 2012 / 4:24 am

      hahaha.. maknanya emang ganda..

    • kasamago 8 April 2012 / 12:17 am

      yup.. sepakat

  3. Dr.Feelgood 15 April 2012 / 5:14 pm

    motor boleh standar, tapi penampilan biker gk boleh standar, tar gk diliriik cewek gan ahihih……….. :mrgreen:

    • kasamago 16 April 2012 / 12:26 am

      hahahaha.. setuju

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s