Kapal Selam : alutsista yg sangat dibutuhkan

 KRI 401 Cakra KM

All hands,

Sebenarnya mau post artikel ini pas lagi rame – ramenya TNI mau beli Kapal Selam, dan akhirnya sudah diputuskan bahwa TNI memilih Kapal selam bikinan Korsel ChangBogo Type U-209 dari pada buatan Rusia, Killo Class. Nah, Proses pembelian kapal selam yang rumit ini memang bisa dikaitkan dengan masalah politis, Kapal selam merupakan alat militer yang sangat strategis dan memiliki efek yang cukup deterens bagi pemakainya. Melihat ketangguhan Kapal Salam, jelas tak sembarangan dalam membelinya, juga tak jarang ada pihak-pihak tertentu yang menghalangi suatu negara untuk tidak mudah memiliki kapal selama yang dinilai terlalu tangguh atau membahayakan kawasan.

Kehebatan kapal selam

Manfaat dari keberadaan kapal selam sudah dibuktikan (Battle Proven) semenjak Alutsista ini ditemukan, dan mulai memerankan peran yang strategis dalam pertempuran saat Perang dunia II antara Sekutu dan Nazi Jerman. Kapal-kapal perang Jerman dengan sukses meruntuhkan armada laut Sekutu di babak awal perang dunia II, begitu juga dengan Jepang ketika Perang Pasifik berlangsung, Jepang menciptakan kapal salam yang terlalu canggih di jamannya, yakni I-401/I-400 submarine yang digadang –gadang bila full operasional mampu mengubah jalannya perang pasifik !! I-40O adalah Kapal selam sekaligus Aircraft Carrier pertama di dunia, Kapal selam yang mampu meluncurkan Pesawat Tempur. Sayangnya senjata rahasia Jepang ini baru diluncurkan di tahun 1945 ,ketika Jepang mengalami kemunduran dan akhirnya menyerah pada sekutu.

ijn-i-400-submarine I-400 – Sub Marine IJN Navy

Di Era Perang dingin, mulai munculah kapal2 selam bertenaga nuklir yang lebih tangguh di lautan, mampu ‘mendekam’ didalam air dengan jangka waktu tahunan, kecepatan tinggi, dan dilengkapi senjata tangguh. Di era Perang Dingin ini, Uni Soviet meluncurkan kapal selam raksasa bertenaga dan bersenjata Nuklir yakni RFS Dmitry Donskoy (TK-208) atau Akula Class. Kapal selam ini menjadi ancaman serius bagi USA dan NATO dengan senjata dan teknologi tingginya.

Pengaruh kehadiran kapal selam

Negara yang memiliki armada Kapal Selam tangguh, dijamin bakal menaikan kekuatan diplomasi negara tersebut, serta ancaman terhadap kedaulatannya bisa diminimalisir. Ketika Indonesia memilih opsi militer untuk merebut Irian barat dari Belanda ,Bung Karno langsung memerintahkan pembelian alutsista besar besaran dari Uni Soviet termasuk 24 biji kapal selam kelas whiskey bertenaga diesel. Jumlah ini membuat Indonesia kala itu menjadi operator kapal selam terbesar di Asia, tak ayal dengan jumlah armada kapal selam ini mampu membuat Belanda harus kembali ke meja perundingan dan menguatkan diplomasi RI di hadapan Belanda.

Kemudian dimasa Orde Baru, RI membeli kapal selam dari Jerman Barat, dimasa ini pula hanya Indonesia lah negara di Asia Tenggara yang memiliki pengalaman mengoperasikan Kapal Selam, dimasa orde baru pula hampir tak ada kasus pelanggaran kedaulatan oleh negara tetangga.

Beberapa negara yang sudah memiliki armada Kapal Selam canggih, yakni : Russia, USA, China, Inggris, Jerman, India. etc. Bisa dilihat dari negara-negara ini dipastikan tak ada yang berani macam-macam dengan kedaulatannya, dan memiliki pengaruh kuat di pentas  Internasional.

Kapal Selam saat ini

Teknologi kapal selam modern sampai sekarang masih di dominasi oleh negara besar Amerika, Russia, UK, China dan Jerman. Tiap negara ini memiliki Kapal Selam paling mematikan di dunia dengan teknologi dan persenjataan canggihnya. Teknologi penggerak kapal selam saat masih didominasi Nuklir dan Diesel, untuk kemudahan pengoperasian jelas lebih cocok Diesel sedang untuk masa operasional yang lebih tangguh, Nuklir lah pilihannya.

Kapal selam dengan teknologi nuklir merupakan kapal selam paling hebat , memiliki persenjataan kelas dewa  dan mampu klyuruan dibawah laut dengan durasi tak terbatas, berkat teknologi yang mengubah air laut menjadi oksigen membuat kebutuhan hidup awaknya terjamin. Hal yang ditakuti dari kapal selam nuklir adalah Kapal selam yang memiliki fitur VLS, meluncurkan  ICBM yang sanggup menyerang target diseluruh dunia. Hanya beberapa negara yang mengoperasikan kapal selam jenis ini.

Berikut beberapa Kapal selam Hebat di dunia,:

Virginia Class – USA

SSBN-774,VirginiaClass,LIST

Speed : 25 knot

Weapon : 12 x vertical launch system tubes for UGM-109 Tomahawk missiles4 x 533-mm bow tubes for Mk.48 torpedoes, Smart mines in place of torpedoes.

Akula II Class – RusiaAkula II

Speed : 12 knot

Weapon :  4 x 650 mm and 4 x 533-mm torpedo tubes for up to 40 torpedoes or missiles OR Up to 42 mines in place of torpedoes.

Type 093 Shang Class – China

Type-093-Shang-Class-–-China

Speed : 35 knot

Weapon :  YJ-82 anti-ship missiles6 x 533-mm torpedo tubes.

Trafalgar Class – UK

trafalgar-class-ssn_picm179-17917

Speed : 30 knot

Weapon : 5 x 21 inch torpedo tubesTomahawk land-attack cruise missilesSpearfish wire-guided heavyweight torpedoes. Harpoon anti surface missiles.

080827-N-3090M-248 U212A

Selain itu, baru baru ini Jerman telah meluncurkan Kapal selam dengan teknologi terbaru yakni U-212A Class. Kapal selam dengan desain Stealth berbahan bakar Hidrogen ini hampir tak mengeluarkan suara, juga tidak memancarkan radiasi panas karena bodinya terbuat dari logam nonmagnetik. Inilah kapal selam Siluman paling canggih saat ini, dengan fitur unggulan lebih senyap dibanding kapal selam lain, plus teknologi cell hidrogennya yg revolusioner, membuat kapal ini hampir tak terdeteksi.. Super Stealth. U-212 A Dipersenjatai 12 torpedo kelas berat yang dipandu, masing-masing mampu menghancurkan sebuah kapal perang atau menonaktifkan sebuah kapal induk. Saat ini hanya dua negara yang mengoperasikan U-212A ini yakni Jerman dan Italia.

At Least, walaupun Kapal Selam terbaru yang akan digunakan TNI AL yakni Changbogo terbilang lebih inferior (Changbogo adalah KS dengan basic teknologi tahun 80-an) dibanding kapal selam negara tetangga, tetapi dengan pengalaman menggunakan kapal selam yang lebih mumpuni, TNI AL pasti mampu memaksimalkan lontong Laut Anjing Kampung ini menjadi setara Anjing Herder.

About these ads

26 thoughts on “Kapal Selam : alutsista yg sangat dibutuhkan

  1. kharis27 25 Maret 2012 / 12:05 pm

    wew kapal nyelem ,,.,torpedo joss

    • kasamago 25 Maret 2012 / 12:33 pm

      sip..

  2. redbike92 25 Maret 2012 / 1:23 pm

    wah bagus bagus
    kapal selam di Indo katanya cuma 4 beli jaman trikora
    2 rusak, 1 ilang, 1 dijaddin museum di Suroboyo (sebelahnya Delta Plaza)

    • kasamago 25 Maret 2012 / 1:25 pm

      tepatnya tinggal 2 bro, udah di upgrade di korsel jd mayan modern..

      yg di surabaya itu klas whiskey, kapal selam yg gak nyaman buat awak.. gak ad toiletnya..

      • putrijeruk 25 Maret 2012 / 7:57 pm

        seriusan ngga ada toiletnya?? gimana deh kalo kebelet? -_-

      • kasamago 27 Maret 2012 / 12:15 am

        bener.. y itu mkanya repot. klo buang air musti kpermukaan dlu..

  3. jayireng 25 Maret 2012 / 11:46 pm

    negara kt mungkin gak sejauh ini ya kecanggihannye, upgrade aje ampe keluar negri.

    Blum tau pan klo ntu kapal selam bisa2 di tempelin penyadap mereka,,wkwk..

    • kasamago 27 Maret 2012 / 12:15 am

      kapal selam teknologi yg butuh waktu lama buat penguasaannya..

  4. novriexx 25 Maret 2012 / 11:49 pm

    kapal selem buatan palembang enak loh

    • kasamago 27 Maret 2012 / 12:16 am

      nikmat pastinya..

  5. gaplek mania 26 Maret 2012 / 11:12 am

    ironis sebuah negara kepulauan terbesar didunia dengan armada laut seadanya

    • kasamago 27 Maret 2012 / 12:29 am

      bener bro.. idelnya kita butuh lebih dr 20 kapal selam

      • Dewa si Anak Angin 27 Maret 2012 / 1:46 am

        lha dikit toh,..
        itu bru beli atau jaman penjajahan dulu,..

      • novriexx 27 Maret 2012 / 1:47 am

        jaman soekarno tuh 12 san nah skrg tuh tinggal sisanya 2

      • kasamago 27 Maret 2012 / 3:54 am

        miris banget yah, walau ad kbr seger bakal beli 3 uni dari Korsel.. tp msh kurang dari kelayakan

      • Dewa si Anak Angin 27 Maret 2012 / 4:00 am

        miris + rd sangsi,..

        cz bsok pas kita2 ini yg mgang ini negara dri gnerasi penguasa skrg agaknya bkal kesusahan bwt ngejer,..

        Tapi kita pasti bisa
        #bdiri di tebing berombak gde#

        [kereeeeeeen]

  6. asas 14 Mei 2012 / 1:38 pm

    wah klo beli changbogo klas maka bisa dipastikan akan terdeteksi, daya senyapnya kurang,mending memperkuat angkatan udara saja, banyakin arsenal shukoi kita. biar hebat. banyakin juga kapal permukaan, sampai ratusan klo perlu, klo kapal selam, punya dua saja, tapi akula class, pasti banyak yang gentar

    • kasamago 15 Mei 2012 / 5:14 am

      bnyk yg ga suka klo militer RI kuat gan..

  7. adinambi 12 Juni 2012 / 8:43 pm

    emg TNI AL bz pa ngoperasiin kpl nyelem..??

    • kasamago 13 Juni 2012 / 11:37 am

      jelas bisa donk.. jawaranya di ASEAN

  8. djaja 14 Agustus 2012 / 4:29 pm

    TNI dan perlu 2 akula class atau u 212a,25 shukoi t50 pak fa, 12 heli serbu apache ch46, 50 unit mbt leopard 2a7, arsenal, mlrs, misile ss, sa, 25 pst angkut mil Hercules C 130 dan CN 295, 20 Fregat class wiskey, 50 KCR , 20 LST,

    • kasamago 16 Agustus 2012 / 4:28 am

      yups, yg jadi ganjalan. negara ikhlas n ridho g ngluarin duit buat nebus alusistanya..

  9. Mat Sholeh 15 September 2012 / 2:38 pm

    Tehnologi Indonesia masih ketinggalan 70 tahun dari negara maju, sdh bisa bikin kapal selam mo berangkat perang, ngetem di bawah laut ketemua org madura akhirnya dipreteli n di besi tuakan alias jalan ditempat kita ini. Maksud diatas negeri kita ini masyarakatnya kebanyakan maling biarpun yg sholat 80% dari penduduk ini tp ga menjamin byk org baik. Coba klo kita pintar pasti tdk perlu komentar tp hasil nyata, berarti byk sekali yg bodoh negri ini. Capek Dehh

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s